[:en]4 Alasan Pentingnya Musik sebagai Pendukung dalam Film[:]

[:en]1. Menciptakan Atmosfer dalam Film
Sebuah musik bisa menciptakan suasana di dalam film mencocokkan adegannya, entah suasana bahagia, takut, sedih, dan lain-lain. Secara singkat, musik dapat menentukan tingkatan ‘drama’ di dalam film.

2. Mendefinisikan Sebuah Genre Film
Hal ini bisa dicontohkan dengan film genre horror, scoring yang digunakan tentunya akan dibuat seram. Lalu dengan genre drama scoring yang digunakan terkesan mellow agar penonton juga terbawa suasana.

3. Permainan Efek Suara
Sound effect atau efek suara adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah film. Meski bukan termasuk dalam sebuah musik, tapi efek suara dapat mengubah persepsi kita terhadap suatu film. Dalam dunia perfilman, istilah ini dinamakan foley atau mereproduksi elemen suara yang ada di film untuk memperkaya kualitas suaranya.

4. Membuat Kita Merasakan Emosi
Ini adalah salah satu fungsi kuat lainnya dari musik. Nah di dalam film, bahkan sebuah ekspresi wajah pemeran yang nampaknya kosong bisa dibuat seakan ia sedang merasakan emosi tertentu. Tentu itu semua tergantung bagaimana musik yang mengiringinya, misalnya menggunakan lagu yang sedih. Ini jadi cara sutradara menggiring penonton untuk merasakan emosi yang sama dari yang dialami si pemeran di film tersebut.[:]