Sukses dengan Vol. 1, HIMAFISI Kembali Menghadirkan Screening Kita dengan Mengusung Tema “FILM IS THE NEXT LEVEL CULTURE”

Screening Kita Vol. 1 telah sukses dilaksanakan dengan jumlah penonton yang hadir mencapai 80 orang lebih. Penonton yang hadir tidak hanya berasal dari mahasiswa Televisi & Film saja, melainkan dari berbagai fakultas, prodi, dan instansi lain yang ada di sekitar Universitas Jember. Dengan berbekal sejumlah karya audio visual yang menarik, HIMAFISI bertekad melanjutkan program Distribusi Film Melalui Screening dengan menggelar Screening Kita Vol. 2, yang kembali diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Semua karya audio visual yang ditampilkan berasal dari kalangan internal maupun eksternal PSTF, yang akan diatur oleh tim pengelola acara. Pada Vol. 2 kali ini, Screening Kita mengusung tema “Film is The Next Level Culture” dengan membawakan film-film dokumenter. 

Bahtiar Insan Kamil selaku Programmer sengaja merancang Screening Kita Vol. 2 khusus untuk menghadirkan film dokumenter, karena genre yang satu ini lebih sedikit mendapatkan perhatian dibandingkan genre film yang lain. Melalui Screening Kita Vol. 2, Bahtiar ingin menyampaikan bahwa film bisa dijadikan sebagai media apresiasi budaya. Bahtiar juga berpendapat Manusia adalah makhluk yang selalu mencari makna diri dan relasinya dengan kehidupan. Untuk itulah mereka menciptakan kebudayaan. Salah satu dari produk kebudayaan itu sendiri adalah film, yang mengalami transformasi terus-menerus seiring dengan berlangsungnya kehidupan sosial budaya yang berkelindan dengan masyarakatnya. Media termasuk film turut pula menjadi agen dalam peranannya membangun struktur kebudayaan. Film dapat dijadikan media untuk mengapresiasi keanekaragaman budaya. Bahkan, film bisa menjadi salah satu instrumen strategi kebudayaan, mendorong kemajuan kebudayaan, dan untuk mengurai pembentukan arah kebudayaan itu sendiri, kita bisa mengawalinya dari sineas sebagai agen kebudayaan. Untuk itulah kesadaran sineas beserta film-filmnya sebagai agen kebudayaan, harus tetap dijaga.  

Waktunya pemutaran film dimulai, film dokumenter yang ditayangkan pada Screening Kita kali ini berjumlah 4, yaitu “Ojhung”, “Pawang Selanjute”, “Tradisi Mangongkal Holi di Tanah Batak”, dan “Jaler”. Dari keempat film tersebut, ada 1 film yang diambil dari pihak eksternal, yaitu film “Pawang Selanjute”. Film ini merupakan karya mahasiswa Institut Seni Indonesia Surakarta. Keempat film tersebut berhasil menghibur, memberikan pengetahuan, sekaligus pengalaman baru bagi penonton dengan melihat keanekaragaman budaya berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Setelah puas menonton film, waktunya melingkar. Topik diskusi yang dibawakan Bahtiar kali ini adalah “Film Sebagai Media Apresiasi Budaya”. Dalam diskusi mari melingkar menghasilkan berbagai macam pembahasan dan banyak ilmu yang dapat diserap dari berbagai filmmaker yang hadir. Para penonton sangat antusias, mereka bertukar pendapat satu sama lain berdasarkan pertanyaan yang dilemparkan oleh moderator. Peran moderator dalam Screening Kita tidak hanya sebagai pemimpin jalannya diskusi, melainkan juga sebagai pemandu agar diskusi tetap berjalan sesuai topik yang ingin dibahas. Salah satu pembahasan yang dibawakan adalah, bahasa bisa menjadi representasi apresiasi budaya. Kita semua tahu bahwa bahasa merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah film. Ketika ada sebuah film yang menggunakan bahasa daerah, dikhawatirkan akan menyulitkan penonton untuk mencerna apa maksud dari film tersebut. Namun di sisi lain, bahasa daerah yang dibawakan dalam sebuah film dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi film tersebut. Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan dari berbagai daerah. Bahkan dalam satu daerah saja banyak kebudayaan yang ada di dalamnya. Mengimplementasikan bahasa daerah dalam sebuah film, diharapkan dapat memperkenalkan bahasa sekaligus kebudayaan suatu daerah kepada saudara-saudara kita yang berada di daerah lain. 

foto

Setelah kegiatan melingkar selesai, maka selesailah rangkaian acara Screening Kita Vol.2 kali ini. Screening Kita Vol. 2 telah berjalan dengan lancar dan memberikan kesan tersendiri bagi para penonton yang hadir. Film dokumenter yang menampilkan kebudayaan khas dari berbagai daerah turut serta memberikan edukasi serta hiburan kepada para penonton. 

Buat teman-teman yang belum bisa menghadiri Screening Kita Vol. 2 jangan bersedih, karena Screening Kita Vol selanjutnya akan hadir kembali dengan tema yang tidak kalah menarik tentunya. Pantau terus website dan social media HIMAFISI yaa!